Gunung Lanang, Petilasan Mistis di Tepi Pantai Glagah

Gunung Lanang yogyakarta

Sakatourtravel.com – Gunung Lanang, terletak antara Pantai Glagah dan Pantai Conggot, menjadi destinasi unik yang menyimpan sejarah dan kekayaan spiritual. Meskipun bukan gunung tinggi, tempat ini, dengan luas sekitar 500 m2, memiliki daya tarik sendiri. Inilah petilasan yang dipercaya mendatangkan berkah dan keajaiban.

Astana Jingga: Puncak Gunung Lanang yang Mistis

Puncak Gunung Lanang memiliki pelataran bernama Astana Jingga atau Badraloka Mandira. Astana Jingga, yang artinya memancarkan sinar kuning kemerahan, dan Badraloka Mandira, sebuah bangunan bata yang memancarkan keagungan, memberikan suasana mistis. Tempat ini dipercaya dapat memberikan berkah bagi mereka yang melakukan tirakat atau ritual di sini.

Ritual Ruwatan Agung Tumapaking Laku Suci

Setiap tahun, tepat pada tanggal 1 suro dalam penanggalan Jawa, Gunung Lanang menjadi saksi pelaksanaan ritual Ruwatan Agung Tumapaking Laku Suci. Ritual ini diikuti oleh penganut Kejawen dari berbagai kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, dan Semarang. Prosesi dimulai dengan laku sesuci, membasuh muka dengan air sumur Tirto Kencono di sekitar petilasan. Peserta kemudian melakukan semedi di sasana Sukma dan Sasana Indra di puncak Gunung Lanang.

Baca Juga : Gua Jomblang Gunungkidul, Memulai Petualangan Eksplorasi yang Mendalam

gunung-lanang-yogyakarta

Kesakralan dan Keheningan di Puncak

Sasana Sukma dan Sasana Indra menjadi tempat para peserta bersemedi dalam keheningan, menyerahkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Setelah selesai, mereka kembali ke Sasono Jiwo untuk berdoa dengan kidung Penutup sebagai ungkapan rasa syukur. Pagi harinya, dilakukan labuhan, melarung potongan kuku dan rambut hasil tirakat ke Laut.

Artikel Terkait :  Pengalaman Memukau di Kampung Laweyan Surakarta, Lebih dari Sekadar Destinasi Wisata Batik

Budaya dan Spiritualitas: Pengalaman Unik di Gunung Lanang

Berkunjung ke Gunung Lanang tidak hanya tentang ritual dan kepercayaan spiritual. Beberapa pengunjung datang untuk memahami kearifan lokal dan kekayaan budaya Indonesia. Tempat ini menjadi alternatif menarik setelah mengunjungi Pantai Glagah atau Pantai Congot.

Tiket Masuk dan Informasi Praktis

Tiket masuk Gunung Lanang dapat diperoleh di loket Pantai Glagah dengan harga Rp. 3.000,- per orang. Retribusi roda dua sebesar Rp. 1.000,-, mobil Rp. 3.000,-, dan bus Rp. 5.000,-. Untuk parkir, roda dua Rp. 2.000,-, mobil Rp. 5.000,-, dan bus Rp. 10.000,-.

Bagaimana Menuju Gunung Lanang

Untuk mencapai Gunung Lanang, Anda dapat menggunakan kendaraan umum dari Yogyakarta hingga Terminal Wates, dilanjutkan dengan angkot menuju Pantai Glagah atau Pantai Congot.

Penginapan Terdekat

Meskipun tidak terdapat hotel di sekitar Gunung Lanang, Anda dapat mencari penginapan di pusat Kota, seperti di kawasan Malioboro. Beberapa pilihan termasuk Hotel Jentra Yogyakarta atau Abadi Hotel Jogja.

Dengan gabungan keindahan alam, spiritualitas, dan kekayaan budaya, Gunung Lanang menjadi destinasi yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Temukan keajaiban dan berkah di sini, di tepi Pantai Glagah yang menakjubkan.

Baca Juga : Paket Wisata Jogja 4 Hari 3 Malam

Incoming search terms:

  • panduan wisata yogyakarta
  • gunung lanang
  • gunung lanang congot
  • sejarah gunung lanang
  • alamat gunung lanang
  • tempat mistis kulon progo yogyakarta
  • tempat-tempat ritual di yogyakarta
  • pantai glagah tepat nya
  • panepen gunung lanang
  • tempat mistis di gunung kidul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *