Masjid Jami’ An-Nur Mlangi, Keindahan Spiritual di Tepi Yogyakarta

Di sudut terpencil Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping, terdapat sebuah keindahan arsitektur religius yang memesona, yaitu Masjid Jami’ An-Nur Mlangi

Desa Wisata Mlangi, Yogyakarta – Di sudut terpencil Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping, terdapat sebuah keindahan arsitektur religius yang memesona, yaitu Masjid Jami’ An-Nur Mlangi. Dengan lokasinya yang menghampar di dusun Mlangi, masjid ini bukan hanya sebuah tempat ibadah, tetapi juga menjadi warisan bersejarah yang mencengangkan.

Menyusuri Detail Arsitektur yang Mempesona

Dengan total luas seribu meter persegi, masjid ini mengambil bagian dari tanah milik Kasultanan Yogyakarta. Bangunan ini secara geometris terbagi menjadi beberapa ruangan yang mendefinisikan fungsinya masing-masing. Ruangan utama, dengan dimensi 20 x 20 meter persegi, menjadi tempat utama ibadah. Sementara serambi masjid seluas 12 x 20 meter memberikan cahaya dan udara segar kepada jamaah.

Jejak Makam Keraton di Sekitar Masjid

Tidak hanya sebagai tempat ibadah, namun Masjid Jami’ An-Nur Mlangi juga menjadi saksi bisu sejarah dengan adanya makam di sekitarnya. Makam Pangeran Bei di sisi barat, Pangeran Sedo Kedaton di utara, dan keluarga Pangeran Prabuningrat di timur menjadi penanda bahwa masjid ini bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga kumpulan jejak berharga sejarah keraton.

Masjid Jami' An-Nur Mlangi, Keindahan Spiritual di Tepi Yogyakarta

Transformasi Perubahan Bentuk dan Fungsionalitas Masjid

Awalnya, masjid ini memiliki bentuk yang mirip dengan Masjid Sulthony Plosokuning, dengan penyangga kayu atau yang dikenal sebagai “soko” sebanyak 16 buah. Ruang khusus untuk sholat kaum putri juga dibangun di sisi masjid. Namun, seiring dengan kebutuhan air untuk irigasi persawahan, beberapa perubahan signifikan terjadi.

Artikel Terkait :  Gua Jomblang Gunungkidul, Memulai Petualangan Eksplorasi yang Mendalam

Pada tahun 1985, seiring dengan renovasi, kolam di sekitar masjid ditutup, dan bangunan bertingkat dibangun untuk memperluas ruang. Konstruksi yang awalnya mengandalkan penyangga kayu berubah menjadi pilar beton, sementara bentuk asli masjid tetap dipertahankan di bangunan atas.

Baca Juga : Panggung Krapyak, Peninggalan Bersejarah di Yogyakarta

Menara Megah dan Keberlanjutan Keaslian

Di bagian depan sisi utara, menjulang tinggi sebuah menara setinggi 20 meter memberikan kesan megah pada masjid ini. Mustoko masjid, yang konon mirip dengan Mustoko Masjid Demak, serta mimbar dan beduknya, semuanya dijaga dengan cermat untuk mempertahankan keaslian sejarah.

Masjid Jami’ An-Nur Mlangi

Pengelolaan oleh Masyarakat: Sebuah Keharmonisan

Pengelolaan masjid awalnya ditangani langsung oleh Keraton Yogyakarta, tetapi pada tahun 1955, tanggung jawabnya diserahkan kepada masyarakat dusun Mlangi di era Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Meskipun pengelolaannya menjadi lebih longgar, tetapi tetap berkoordinasi dengan pihak keraton.

Penyerahan kepada masyarakat, yang diwakili oleh KH. Zainuddin dan KH. Masduki, terbukti menjadi langkah bijak. Di sekitar wilayah ini, terdapat sembilan pondok pesantren yang dipimpin oleh keturunan K.H. Nur Iman. Sekitar 1000 santri belajar di seluruh pondok pesantren ini, dan pengaruh positifnya terasa dalam nuansa Islam yang diusung oleh masjid ini.

Wisata Religius dan Jejak K.H. Nur Iman

Masjid Jami’ An-Nur Mlangi bukan hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga destinasi wisata religius. K.H. Nur Iman, pemimpin pondok pesantren di sekitar masjid, membawa nuansa Islam bagi masyarakat luas. Kunjungan tamu dari luar daerah menjadi bukti nyata akan pengaruh positif ini, baik dalam memahami ajaran agama maupun berziarah ke makam di Masjid Jami’ An-Nur Mlangi.

Rute Menuju Masjid Jami’ An-Nur Mlangi

  1. Angkutan Umum: Turun di ringroad barat dekat dusun Mlangi, lalu melanjutkan dengan berjalan kaki.
  2. Kendaraan Pribadi: Tempat terdekat adalah Monjali, Desa Wisata Sidoakur.
Artikel Terkait :  Taman Pintar Yogyakarta: Wisata Pendidikan Keluarga yang Menarik

Pesona Spiritual di Desa Mlangi

Masjid Jami’ An-Nur Mlangi bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga penjaga sejarah dan kearifan lokal. Dengan arsitektur yang memesona dan jejak sejarah keraton yang terpampang di sekitarnya, masjid ini menjadi destinasi menarik bagi mereka yang mencari keindahan spiritual dan nilai-nilai sejarah yang kental. Ayo, kunjungi dan rasakan pesonanya!

Baca Juga : Paket Family Gathering

Incoming search terms:

  • pondok pesantren mlangi
  • gapura keraton
  • gapura mesjid
  • pondok pesantren di bali
  • air terjun nogotirto
  • Masjid jami mlangi
  • masjid jogja
  • PESANTREN MLANGI
  • peta wilayah nogotirto
  • santri putri annur jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *