Kampung Pecinan Yogyakarta, Membelah Sejarah dan Budaya

Kampung Pecinan Yogyakarta

Sakatourtravel.com – Kampung Pecinan Yogyakarta adalah sebuah destinasi unik bagi para pencinta barang-barang tempo dulu dan kuliner khas Tionghoa. Terletak hanya 0,5 km di selatan Malioboro, atau yang sekarang dikenal sebagai Jalan Ahmad Yani. Kampung ini memiliki sejarah yang kaya sebagai pusat perdagangan komunitas Tionghoa di masa lalu. Bangunan khas Tionghoa, toko-toko kuno, dan kios beragam barang antik masih kokoh berdiri di sini, menghadirkan pesona masa lalu yang memikat.

Kehadiran bangunan dengan arsitektur tradisional Tionghoa memberikan daya tarik tersendiri pada kampung ini. Begitu Anda memasuki gang-gangnya, Anda akan menemui berbagai kios yang menawarkan beragam barang dan jasa. Sejumlah kios menjual barang-barang tempo dulu yang menakjubkan, seperti uang kuno dari berbagai negara, kaset-kaset lagu dari tahun 50-an, dan banyak lagi.

Kampung Pecinan Yogyakarta, Membelah Sejarah dan Budaya

Salah satu daya tarik utama di kampung ini adalah kios-kios yang menawarkan jasa perawatan gigi ala tempo dulu. Meskipun praktik ini sudah sedikit pudar karena klinik-klinik gigi modern, kampung Pecinan masih menawarkan perawatan gigi tradisional seperti pemutih gigi, penambahan aksesoris gigi, pemasangan gigi palsu, dan perawatan gigi lainnya. Mereka tetap menggunakan metode tradisional dengan teknologi yang cukup mengejutkan.

Di sebelah toko kue terang bulan, Anda juga akan menemukan kios pengobatan tradisional yang terkenal di kampung ini. Mereka dulu dikenal mampu mengobati patah tulang dengan ramuan tumbuhan yang ditempelkan pada kulit yang patah. Di samping itu, terdapat juga toko obat khas Tionghoa yang menawarkan obat-obatan herbal berkualitas terjamin, seperti Toko Obat Mbah Gemuk.

Membelah Sejarah dan Budaya

Kampung Pecinan juga menyajikan kuliner khas Tionghoa yang lezat, seperti kwe tiau, cap cay, dan bakmi yang disajikan langsung oleh keturunan Tionghoa. Anda bisa menikmati makanan ini dan merasakan cita rasa otentik khas Tionghoa.

Artikel Terkait :  Keindahan Khas Salak Pondoh Sleman

Kampung Pecinan Yogyakarta

Selain itu, jangan lewatkan kios roti tempo dulu yang telah berdiri selama ratusan tahun. Roti bantal dan roti tawar bertabur wijen berbentuk oval menjadi ciri khas kios ini. Roti ini telah menjadi kebanggaan warga Jogja selama bertahun-tahun.

Setelah menjelajahi kampung ini, Anda akan menemukan sebuah rumah yang digunakan sebagai tempat berkumpul bagi warga Tionghoa di Kampung Pecinan. Tempat ini menjadi pusat kegiatan sosial, seperti perayaan Imlek dan pertunjukan tradisional.

Selain mengunjungi Kampung Pecinan, Anda juga bisa menjelajahi Pasar Klithikan dan berbelanja di sana. Anda akan menemukan banyak barang menarik dan bersejarah.

Bagaimana Menuju Kampung Pecinan:

Anda dapat dengan mudah mencapai Kampung Pecinan dengan menggunakan angkutan umum seperti bus TransJogja jalur 1A, 2A, 3A, turun di Halte Malioboro atau A. Yani. Untuk bus kota, Anda bisa menggunakan jalur 4 atau 11, turun di depan Gapura Kampung Ketandan. Jika Anda ingin lebih nyaman, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun sepeda motor.

Hotel Terdekat:

Di sekitar kawasan ini, Anda akan menemukan berbagai pilihan hotel dengan paket wisata honeymoon jogja, seperti Hotel Mutiara dan Hotel Ibis Malioboro, yang dapat menjadi tempat penginapan yang nyaman selama kunjungan Anda ke Kampung Pecinan Yogyakarta.

Incoming search terms:

  • mbah gemuk jogja
  • pecinan yogyakarta
  • toko obat cina jogja
  • alamat mbah gemuk jogja
  • toko obat mbah gemuk di jogja
  • toko obat cina mbah gumuk
  • toko obat cina mbah gemuk di jogja
  • toko obat cina antik tua
  • toko obat china di yogyakarta
  • toko cina jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *