Eksplorasi Keindahan Candi Ijo di Sleman, Yogyakarta

Candi Ijo

Candi Ijo, Keajaiban di Bukit Ijo

Sakatourtravel.com – Candi Ijo, sebuah situs bersejarah yang menakjubkan terletak di Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Sleman, Yogyakarta, tepatnya sebelah tenggara Candi Prambanan. Candi Ijo memiliki keunikan tersendiri, karena merupakan candi dengan letak tertinggi di Yogyakarta, berada pada ketinggian 410 meter di atas permukaan laut. Didirikan sekitar abad ke-9, candi ini tetap memukau meskipun terletak di daerah yang tandus dan dikelilingi oleh batuan kapur. Saat Anda berada di kawasan Bukit Ijo, Anda dapat menikmati panorama indah Kota Yogyakarta.

Kompleks Percandian yang Megah

Ketika Anda memasuki bangunan pagar Candi Ijo, Anda akan langsung disambut oleh berbagai ornamen dan ragam hias yang memukau. Candi Ijo terdiri dari 17 struktur bangunan dan 11 teras berundak. Pada teras ke-1 dan ke-4, Anda akan menemukan satu candi, sedangkan di teras ke-5 terdapat satu candi dan dua batur. Teras ke-8 menghadirkan tiga buah candi dan empat buah batur bangunan, serta beberapa prasasti berukuran tinggi 14 cm dan lebar 9 cm, termasuk prasasti kode huruf F yang bertuliskan “Guywan.” Teras paling atas, yaitu teras ke-11, dianggap sebagai tempat yang paling suci.

Candi Ijo Jogja

Pada halaman teras ini, Anda akan menemukan pagar keliling, delapan buah linggapatok, dan empat bangunan, termasuk candi utama dan tiga candi perwara. Namun, teras ke-2, ke-3, ke-6, ke-7, dan ke-10 tidak memiliki bangunan. Semua hal yang ada di kompleks Candi Ijo sangat menarik untuk diteliti dan dipelajari.

Artikel Terkait :  Menjelajah Keindahan Batik di Kampung Ngasem, Tempat Terbaik untuk Belanja Batik di Yogyakarta

Arsip Berharga di Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala

Candi Ijo Jogja menyimpan banyak arca bersejarah yang sangat berharga. Namun, untuk mencegah penjualan barang-barang purbakala yang berharga dan menjaga kelestarian sejarah, arca-arca ini disimpan di Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala.

Dalam kompleks candi ini, terdapat lingga-yoni yang melambangkan Dewa Siwa, mengisyaratkan bahwa candi ini memiliki latar belakang Hindu. Anda juga akan menemukan arca lembu yang merupakan kendaraan Dewa Siwa dalam mitologi Hindu. Selain itu, ada juga arca Narasinga yang menggambarkan sosok berkepala singa dan berbadan manusia, diyakini sebagai jelmaan Dewa Siwa. Terdapat pula arca yang menggambarkan laki-laki dan perempuan dalam posisi tertentu, dipercayai digunakan untuk mengusir roh jahat.

Wisata Candi Ijo Gratis

Untuk menikmati keindahan Candi Ijo, Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Namun, Anda diwajibkan untuk mengisi buku tamu sebagai bentuk partisipasi Anda. Selain Candi Ijo, Yogyakarta juga memiliki banyak candi-candi menarik lainnya, seperti Candi Sambisari dan Candi Kalasan yang kaya akan sejarah dan budaya.

Rute Menuju Candi Ijo

Untuk mencapai Candi Ijo, Anda dapat menggunakan kendaraan umum dengan jurusan Prambanan – Piyungan. Namun, perlu diingat bahwa angkutan umum hanya akan membawa Anda sampai di jalan utama. Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa angkutan lain, seperti ojek.

Hotel Terdekat

Jika Anda ingin menginap dekat dengan Candi Ijo, beberapa pilihan hotel yang dapat Anda pertimbangkan adalah University Hotel Sunan Kalijaga atau LPP Garden Hotel.

Dengan mengunjungi Candi Ijo dengan paket wisata honeymoon jogja, Anda akan merasakan keajaiban sejarah dan keindahan alam Yogyakarta yang luar biasa. Nikmati perjalanan Anda dan jelajahi kekayaan budaya yang ditawarkan oleh situs bersejarah ini.

Artikel Terkait :  Masjid Ad Dorojatun Babadan, Memelihara Sejarah dan Keindahan Arsitektur Joglo

Incoming search terms:

  • sejarah candi ijo
  • keindahan yogyakarta
  • denah candi ijo jogja
  • arca bayak di temukan di
  • keindahan sambirejo prambanan
  • lokasi dan alamat candi kedulan
  • sambirejo jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *