Menikmati Keindahan Ketep Pass, Pemandangan Spektakuler dan Museum Gunung Merapi

Ketep Pass, Wisata Kegunungapian di Jalur Wisata Solo- Selo – Borobudur

Sakatourtravel.com – Ketep Pass, terletak pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, adalah destinasi wisata yang menakjubkan dengan udara sejuk dan pemandangan luar biasa. Saat Anda mengunjungi Ketep Pass, Anda akan merasakan sensasi menyaksikan film dokumenter alam sembari bersantai sambil menikmati hidangan lezat. Artikel ini akan mengulas lebih lanjut tentang pesona Ketep Pass, termasuk lokasinya yang strategis dan fasilitas yang tersedia.

Lokasi dan Akses

Ketep Pass meliputi lahan seluas 8000 meter persegi dan dapat diakses dari berbagai tempat, baik dengan sepeda motor, mobil, atau bahkan bus. Lokasinya terletak di Desa Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah, hanya 17 kilometer dari Blabak, 30 kilometer dari Kota Magelang/Borobudur, 35 kilometer dari Boyolali, dan 32 kilometer dari Salatiga.

Sejarah Ketep Pass

Tempat ini awalnya dikembangkan sebagai jalur wisata “Solo Selo Borobudur” oleh pemerintah Jawa Tengah atas prakarsa Gubernur Jawa Tengah saat itu, Bapak H. Mardiyanto. Ketep Pass diresmikan oleh Presiden RI ke-5, Megawati Soekarno Putri, pada tanggal 17 Oktober 2002.

Ketep Pass

Panorama Memukau

Ketep Pass menawarkan pemandangan yang luar biasa, di mana Anda bisa melihat lima gunung yang mengelilingi lokasi, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet. Karena area ini dikenal sebagai pelataran “Panca Arga” (Panca = 5, Arga = Gunung), terdapat satu teropong yang memungkinkan Anda untuk memperhatikan dengan lebih jelas keindahan alam sekitar.

Gardu Pandang dan Gazebo

Selain teropong, Ketep Pass juga memiliki dua gazebo di Gardu Pandang yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu sambil menikmati hidangan dan minuman yang ditawarkan di tempat ini. Tersedia juga satu teropong tambahan untuk pengunjung yang ingin mengintip lebih dekat.

Artikel Terkait :  Candi Borobudur, Maha Karya di Puncak Perbukitan

Gedung Vulcano Centre

Salah satu daya tarik utama di Ketep Pass adalah Gedung Vulcano Centre, sebuah museum seluas sekitar 550 meter persegi. Museum ini memiliki koleksi berupa miniatur Gunung Merapi, dokumen-dokumen tentang erupsi gunung berapi, termasuk komputer interaktif, contoh batuan dari berbagai tahun yang merupakan bukti erupsi, poster Puncak Garuda, dan poster peringatan dini lahar Gunung Merapi.

Volcano Theater Ketep

Tak hanya itu, ada satu tempat lagi yang patut dikunjungi dengan harga tiket hanya Rp. 7.500, yaitu Ketep Volcano Theater. Di sini, Anda dapat menikmati pemutaran film dokumenter selama 25 menit yang mengisahkan aktivitas Gunung Merapi, jalur-jalur pendakian, dan letusan-letusan dramatis yang pernah terjadi.

Fasilitas Umum dan Harga Tiket

Ketep Pass dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti mushola, tempat parkir yang luas, dan restoran. Anda juga dapat menemukan penjual makanan ringan yang menawarkan hasil pertanian dari warga sekitar. Harga tiket masuk ke lokasi ini adalah Rp. 7.000 per orang dewasa, sementara retribusi bus adalah Rp. 5.000 per unit.

Cara Menuju Ketep Pass

Anda dapat mencapai Ketep Pass dengan angkutan umum dari Yogyakarta menggunakan jurusan Yogyakarta-Magelang atau Yogyakarta-Semarang, dengan berhenti di pertigaan Blabak, lalu naik angkot jurusan Ketep atau Desa Sawangan. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil.

Hotel Terdekat

Jika Anda berencana menginap di sekitar Ketep Pass, beberapa hotel terdekat berada di wilayah Magelang, antara lain The Oxalis Regency Hotel dan Manohara Hotel. Kedua hotel ini dapat menjadi pilihan akomodasi yang nyaman dengan Paket Honeymoon Jogja 2 Hari 1 Malam Anda.

Dengan pemandangan alam yang spektakuler dan fasilitas menarik, Ketep Pass adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Jawa Tengah. Dapatkan pengalaman tak terlupakan sambil mengeksplor keindahan alam dan sejarah Gunung Merapi di tempat yang memukau ini.

Artikel Terkait :  Pemandian Clereng, Keajaiban Alam di Tepi Yogyakarta

Incoming search terms:

  • ketep pass yogyakarta
  • harga tiket masuk ketep pass
  • ketep
  • sejarah ketep pass
  • ketep pass
  • tiket masuk ketep pass 2012
  • sejarah ketep pass yogyakarta
  • ketep pass jogja
  • tiket masuk ketep pass 2013
  • wisata ketep pass

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *