Pantai Goa Cemara, Pemandangan Indah di Tepi Selatan Yogyakarta

Pantai Goa Cemara

Sakatourtravel.com – Pantai Goa Cemara adalah destinasi eksotis yang terletak di Dusun Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Pantai ini dinamai setelah pohon cemara udang (Casuarina equesetifolia) yang melimpah di sekitar pantai, menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Dengan pohon-pohon cemara yang saling berhubungan, pantai ini memberikan kesan seperti lorong panjang yang mengarah ke pantai, membuatnya unik dalam segala hal.

Lokasi pantai ini bersebelahan dengan Pantai Samas dan Pantai Pandansari, yang membuatnya menjadi bagian dari wilayah pantai yang indah di Yogyakarta. Rute menuju Pantai Goa Cemara sangat mudah, terletak sekitar 30 km dari pusat kota Yogyakarta. Dari kota Yogyakarta, perjalanan menuju pantai ini cukup lurus, dengan pertigaan Ganjuran sebagai poin penting. Setelah melewati pertigaan ini, Anda akan melihat loket retribusi Gapura Pantai Samas.

Biaya masuk ke pantai ini hanya sebesar Rp. 3500 per orang. Anda akan mengikuti jalan aspal, dan saat sampai di pertigaan selanjutnya, jika Anda ingin menuju Pantai Samas, ambillah jalan lurus. Sedangkan jika menuju Pantai Pandansari, ambil jalan ke kiri. Setelah itu, belok kiri lagi hingga Anda tiba di ujung lorong Pohon Cemara. Untuk parkir sepeda motor, Anda perlu membayar retribusi sebesar Rp. 2000.

Pantai Goa Cemara, Pemandangan Indah di Tepi Selatan Yogyakarta

Sebelum mencapai tepi pantai, Anda akan melihat hamparan pohon cemara di kedua sisi Anda. Di tempat ini, banyak warung dan tempat pertemuan dibangun, serta fasilitas untuk kegiatan outbond dan kolam renang untuk anak-anak. Penataan kawasan ini mirip dengan Pantai Kuwaru.

Pantai Goa Cemara dibuka sebagai destinasi wisata pada pertengahan tahun 2010 oleh Bp. Idham Samawi, mantan Bupati Bantul. Pohon-pohon cemara ini sebenarnya ditanam oleh warga sekitar sebagai upaya untuk melindungi lahan pertanian mereka dari angin laut yang kuat yang mengandung asam. Bibit pohon cemara ini diberikan oleh Dinas Kehutanan karena kondisi tanah pasir di sekitar pantai sangat cocok untuk pertumbuhan pohon ini.

Menikmati Keindahan Pantai Goa Cemara di Bawah Rindangnya Pohon Cemara

Setelah Anda melewati lorong pohon cemara, Anda akan tiba di pantai yang indah ini. Pemandangan pantai sepanjang mata memandang akan memukau Anda. Di sisi kiri, terdapat Mercusuar yang berlokasi di Pantai Pandansari. Mercusuar ini berfungsi sebagai pemandu para nelayan.

Artikel Terkait :  Pengalaman Memukau di Kampung Laweyan Surakarta, Lebih dari Sekadar Destinasi Wisata Batik

Mercusuar ini dibangun pada tahun 1998, dan meskipun tidak memiliki tarif resmi untuk pengunjung, Anda dapat meminta izin kepada petugas jaga dengan membayar biaya sebesar Rp. 2.500 per orang jika Anda ingin naik ke atasnya. Dari puncak mercusuar, Anda dapat menikmati pemandangan sekitar dengan jelas. Saat cuaca cerah pada sore hari, pemandangan matahari terbenam di pantai ini menjadi lebih spektakuler.

Setelah puas menikmati pantai, jangan lupa untuk mencoba ubi yang dihasilkan oleh warga desa sekitar. Ubi ini memiliki kualitas yang baik, tidak lembek, dan rasanya manis. Keberadaan ubi ini menjadi salah satu kekhasan Pantai Goa Cemara, selain pohon cemara yang melimpah.

Bagaimana Menuju Pantai Goa Cemara:

Untuk menuju Pantai Goa Cemara, Anda dapat menggunakan angkutan umum, seperti bus dari Yogyakarta yang menuju ke arah Pantai Samas. Alternatif lain adalah menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil.

Hotel Terdekat:

Jika Anda mencari penginapan selama kunjungan Anda di dengan paket wisata honeymoon jogja, daerah Prawirotaman dan Malioboro adalah pilihan yang baik. Anda dapat memilih dari berbagai pilihan hotel dan penginapan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Incoming search terms:

  • pohon cemara
  • pantai gua cemara
  • pantai goa cemara yogyakarta
  • goa cemara
  • rute pantai goa cemara
  • gua cemara
  • goa gunung kidul
  • goa cemara yogyakarta
  • pantai goa cemara bantul
  • pantai pandansari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *