Candi Kalasan, Mengungkap Keindahan Peninggalan Budha di Yogyakarta

Candi Kalasan

Candi Kalasan, Terletak Strategis di Jalan Yogya Solo

Sakatourtravel.com – Candi Kalasan, sebuah masterpiece arsitektur budaya Indonesia, menemukan tempatnya di Kalibening, Desa Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, hanya 2 Km sebelah barat Candi Prambanan, atau 15 Km ke arah timur dari kota Yogyakarta. Lokasinya yang mudah dijangkau, hanya 50 m selatan dari Jalan Yogya Solo, membuatnya menjadi destinasi wisata yang populer.

Sejarah Megah di Balik Candi Kalasan

Candi ini didirikan pada akhir abad ke-8 M atas perintah Rakai Panangkaran untuk menghormati Bodhisatva Wanita, Tarabhawana, yang juga dikenal sebagai Dewi Tara. Candi ini juga diyakini sebagai tempat untuk menghormati Dewi Tara, mungkin terkait dengan Candi Sari yang terletak tidak jauh di utara Candi Kalasan. Namun, pembangunan Candi Kalasan juga menjadi saksi perkawinan megah antara Pancapana dari Dinasti Sanjaya dengan Dyah Pramudya Wardhani dari Dinasti Syailendra.

Candi Kalasan, Mengungkap Keindahan Peninggalan Budha di Yogyakarta

Keagungan Arsitektur Candi Kalasan

Dengan ketinggian 34 meter dan lebar 45 meter, Candi Kalasan memukau pengunjungnya. Sekitar candi, terdapat 52 stupa, meskipun sayangnya beberapa batu hilang dan tidak dapat direkonstruksi. Tiga candi pendukung juga masih dapat ditemukan di sekitar area ini. Keunikan Candi Kalasan terletak pada lapisan Brajalepha di permukaan batu, sebuah lapisan dari getah tanaman kuning yang berfungsi sebagai perekat dan pelindung ornament.

Patung Megah dan Relief Penuh Makna

Dalam ruang utama Candi Kalasan, terdapat patung setinggi 6 meter yang terbuat dari perunggu, meskipun makna dewa yang diwakilinya masih menjadi misteri. Bagian candi terdiri dari kaki candi, tubuh candi, dan atap candi. Kaki candi dihiasi tangga indah, tubuh candi menampilkan singgasana dengan pola singa berdiri di atas punggung gajah, dan atap candi memiliki dua tingkat dengan relief Budha yang menggambarkan keindahan spiritual.

Artikel Terkait :  Pantai Sundak, Keindahan Alam dan Sejarah yang Membekas

Baca Juga: Gerabah Kasongan: Seni dan Budaya Kerajinan Tanah Liat di Yogyakarta

Petualangan Menuju Candi Kalasan

Jam kunjung Candi Kalasan dimulai dari pukul 6 pagi hingga 6 sore, dengan tiket masuk yang terjangkau, hanya Rp. 2.000,- untuk dewasa dan Rp. 1.000,- untuk anak-anak. Bagi para wisatawan, angkutan umum jurusan Jogja Prambanan dapat menjadi pilihan untuk turun di dekat RS. Bhayangkara dan berjalan selatan kurang lebih 50 meter menuju Candi Kalasan.

Tinggal di Kenyamanan Dekat Candi Kalasan

Jika Anda mencari akomodasi terdekat, University Hotel Sunan Kalijaga dan Grand Quality Hotel adalah opsi yang nyaman untuk bermalam. Dengan begitu banyak keajaiban sejarah di sekitar Candi Kalasan, kunjungan Anda dijamin akan mempesona dan memberi Anda pemahaman mendalam tentang warisan budaya yang kaya di Yogyakarta.

Jelajahi Keindahan Candi Kalasan dan Rasakan Keajaiban Sejarahnya!

Baca Juga :  Paket Wisata Jogja 1 Hari

Incoming search terms:

  • candi kalasan
  • gambar candi
  • gambar candi kalasan
  • candi sari yogyakarta
  • relief candi kalasan
  • jalan menuju candi sambisari dari ringroad
  • sejarah candi sari yogyakarta
  • wisata agama budha yogya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *