Museum Manusia Purba Sangiran, Situs Bersejarah yang Mendunia

Museum Manusia Purba Sangiran

Sakatourtravel.com – Dikenal sebagai situs penting dalam penemuan fosil manusia purba, Museum Manusia Purba Sangiran di Desa Sangiran, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, menawarkan sebuah petualangan mendalam ke masa lalu. Dengan luas mencapai 56 kilometer persegi, daerah ini bukan hanya tempat bagi fosil manusia, namun juga rumah bagi beragam fosil hewan prasejarah seperti gajah, kerang, kerbau, buaya, rusa, dan banyak lagi.

Kontribusi Bersejarah Sangiran

Tak dapat dipungkiri, Sangiran memegang peran krusial dalam penemuan fosil manusia prasejarah. Lebih dari 50% dari penemuan ini berasal dari wilayah ini, mengukuhkan statusnya sebagai Cagar Budaya Dunia yang ditetapkan oleh UNESCO pada 5 Desember 1996 di Merida, Meksiko.

Dahulu, daerah ini merupakan aliran lahar Gunung Lawu yang memberikan kesuburan pada tanah sekitarnya, memungkinkan banyak komunitas manusia purba untuk tinggal di sini. Museum ini terbagi menjadi beberapa ruangan pameran, setiap ruangannya memiliki kisah unik tentang fosil-fosil purba.

Museum Manusia Purba Sangiran

Menyelusuri Ruang Pameran

Pertama kali Anda memasuki ruang pameran, Anda akan disambut oleh koleksi fosil manusia purba, termasuk tengkorak, tubuh, tangan, dan alat-alat berburu mereka. Di sini, fosil-fosil hewan prasejarah seperti gajah, harimau, dan lainnya juga dapat ditemukan.

Ruangan berikutnya dilengkapi dengan fasilitas audio visual yang memperlihatkan perjalanan Tata Surya berjuta-juta tahun lalu. Anda akan melihat foto-foto penyebaran manusia purba di Jawa dan sekitarnya serta gambar-gambar tokoh yang berperan dalam penemuan fosil di Sangiran.

Baca Juga : Trek Petualangan di Kalisuci, Memahami Keindahan dan Pesonanya

Edukasi Melalui Diorama

Ruang pameran terakhir menampilkan tiga diorama mengenai kehidupan manusia purba pada masanya, termasuk adegan berburu. Museum ini tidak hanya tempat wisata, namun juga sarana edukasi yang sangat baik bagi anak-anak untuk memahami kehidupan manusia purba.

Artikel Terkait :  Pemandian Clereng, Keajaiban Alam di Tepi Yogyakarta

Informasi Penting

Untuk masuk ke museum, biaya tiketnya adalah Rp. 3.000 untuk wisatawan domestik dan Rp. 7.000 untuk wisatawan mancanegara. Museum buka dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dari hari Selasa hingga Minggu.

Rute dan Akomodasi Terdekat

Untuk menuju ke sini, dapat menggunakan transportasi umum dari Yogyakarta ke Solo dan melanjutkan perjalanan ke Purwodadi. Alternatifnya, menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil.

Beberapa hotel terdekat yang bisa dipilih untuk menginap adalah Rumah Turi Green Boutique Hotel atau Griya Teratai Hotel.

Wisata Lainnya di Sekitar

Selain mengunjungi Museum Manusia Purba Sangiran, ada pilihan untuk menjelajahi museum lain di Solo, seperti Museum Batik Danar Hadi dan Museum Monumen Pers Nasional.

Dengan segala pesonanya, Museum Manusia Purba Sangiran tidak hanya menyajikan kisah masa lalu, tetapi juga membangkitkan rasa ingin tahu serta kekaguman terhadap perjalanan manusia di masa prasejarah.

Baca Juga : Paket Wisata Jogja 4 Hari 3 Malam

Incoming search terms:

  • manusia purba
  • kehidupan manusia purba
  • museum sangiran
  • situs manusia purba sangiran
  • MUSEUM MANUSIA PURBA SANGIRAN
  • manusia purba di indonesia
  • sangiran museum
  • gambar manusia purba
  • sangiran
  • mengenal manusia purba sangiran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *