Eksplorasi Keindahan Candi Sukuh di Lereng Gunung Lawu

Candi Sukuh

Sakatourtravel.com – Candi Sukuh, yang terletak di Dukuh Berjo, Desa Sukuh, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, menjadi destinasi sejarah yang tak boleh dilewatkan. Dengan ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut, candi ini menjadi saksi bisu keindahan alam di lereng Gunung Lawu.

Akses ke Candi Sukuh pun sangat memudahkan. Anda dapat memilih berbagai moda transportasi umum, seperti bus dari Terminal Tirtonadi Solo dengan jurusan Solo-Tawangmangu. Selanjutnya, pilih mini bus menuju Kemuning dan lanjutkan perjalanan dengan ojek menuju lokasi candi. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, disarankan untuk memilih mobil bertenaga kuat mengingat jalan menuju Candi Sukuh memiliki tanjakan curam.

Arsitektur Candi Sukuh

Candi Sukuh memukau pengunjung dengan desain berundaknya yang terdiri dari tiga teras, masing-masing dilengkapi dengan gapura yang unik. Teras pertama menampilkan gapura dengan postur miring, memberikan kesan trapesium yang menarik. Begitu memasuki teras kedua, pengunjung akan disambut oleh relief-relief menarik di dinding gapura.

Mitos dan Keunikan Relif Candi

Mitos dan Keunikan Relif Candi

Terdapat relief elang mencengkram ular naga dan manusia tanpa busana yang memikat perhatian di teras kedua. Pada teras ketiga, pelataran besar dipenuhi oleh candi induk yang megah dan relief yang mempesona. Patung-patung dan arca di sekitarnya menampilkan keajaiban mitologi, termasuk arca tanpa kepala dan arca lingga-yoni yang mencerminkan unsur kesuburan.

Baca Juga : Pantai Goa Cemara

Penyimpanan Arca dan Biaya Masuk

Meski banyak patung dan arca yang menjadi bagian dari mitologi Candi Sukuh, beberapa di antaranya disimpan dengan aman di balai peninggalan purbakala. Bagi pengunjung, biaya masuk ke Candi Sukuh cukup terjangkau, yakni Rp. 2.500 untuk wisatawan dalam negeri dan Rp. 10.000 untuk wisatawan mancanegara. Candi ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

Artikel Terkait :  Melangkah Menyegarkan di Wisata Air Terjun Jumog

Alternatif Wisata di Sekitar Solo

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan lain di sekitar Solo, seperti Candi Cetho dan Argowisata Sondokoro. Kebun Teh Kemuning juga menjadi pilihan menarik untuk menikmati pesona alam.

Cara Menuju dari Yogyakarta

Dari Yogyakarta, Anda dapat menggunakan bus jurusan Yogya-Solo. Setibanya di Terminal Tirtonadi Solo, ganti ke bus jurusan Solo-Tawangmangu, kemudian lanjutkan dengan minibus jurusan Kemuning. Terakhir, perjalanan dilanjutkan dengan ojek hingga mencapai Candi Sukuh. Alternatifnya, pengguna kendaraan pribadi dapat memilih baik roda dua maupun roda empat.

Pilihan Akomodasi Terdekat

Sayangnya, di sekitar lokasi Candi Sukuh belum terdapat penginapan atau hotel yang memadai. Namun, beberapa opsi terdekat dapat ditemukan di Kota Solo, seperti Best Western Premier Hotel atau Novotel Solo Hotel.

Dengan keindahan alam dan sejarah yang terpancar di setiap detailnya, Candi Sukuh menjanjikan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Jelajahi pesonanya dan nikmati keajaiban kultural yang tersembunyi di lereng Gunung Lawu!

Baca Juga :Paket Honeymoon Jogja Murah

Incoming search terms:

  • candi
  • Candi Sukuh
  • Candi di Indonesia
  • GAMBAR CANDI DI INDONESIA
  • sejarah candi sukuh
  • sejarah berdirinya candi sukuh
  • relief candi sukuh
  • sukuh
  • candi unik
  • gambar candi sukuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *