Goa Rancang Kencono, Keindahan Tersembunyi Gunung Kidul

Goa Rancang Kencono

Sakatourtravel.com – Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dikenal dengan keelokan bebatuan karsanya, dan salah satu keajaiban alam yang memikat hati adalah Goa Rancang Kencono. Terletak di Pedukuhan Menggoran II, desa Bleberan, Kecamatan Playen, destinasi ini menawarkan pesona alam yang memesona.

Eksplorasi Goa Rancang Kencono

Akses menuju Goa Rancang Kencono dapat ditempuh dari Yogyakarta menuju jalan utama Yogyakarta-Wonosari hingga pertigaan Gading. Ambil arah ke Playen kemudian menuju Bleberan. Akses ini lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi, terutama kendaraan roda empat yang tinggi atau jenis off-road. Meski sebagian jalan masih berupa tanah berbatu kapur, secara keseluruhan jalur ke lokasi sudah beraspal. Alternatifnya, pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan roda dua untuk kenyamanan menuju lokasi.

Goa Rancang Kencono

Keunikan Goa Rancang Kencono

Berbeda dengan beberapa goa di Gunung Kidul, Goa Rancang Kencono dapat diakses tanpa peralatan khusus. Goa ini memiliki luas 20×20 meter dan ketinggian 12 meter dengan cahaya matahari yang cukup menyinari, dihiasi oleh Pohon Klumpit (Terminalia edulis) berumur lebih dari 2 abad. Goa ini sering digunakan sebagai tempat berkemah atau camping.

Dalam eksplorasi Goa Rancang Kencono, pengunjung akan menemui stalagtit di atap goa sebagai satu-satunya ornamen. Dalam sejarahnya, goa ini menjadi tempat bersemedi bagi laskar Mataram untuk mendapatkan petunjuk dari maha kuasa dalam melawan penjajah Belanda. Pangeran Diponegoro pun pernah menggunakannya sebagai tempat merancang strategi penyerangan terhadap tentara Belanda.

Baca Juga : Eksplorasi Keindahan Candi Ijo di Sleman, Yogyakarta

Cerita Sejarah Goa Rancang Kencono

Menurut buku dan cerita yang diterbitkan oleh Pemerintah desa setempat, goa ini ditemukan pada tahun 1720 oleh dua anggota laskar Mataram saat melarikan diri. Dinamakan “Rancang Kencono” mungkin karena tempat ini menjadi tempat merencanakan niatan mulia, yakni melawan penjajah. Rancang dalam bahasa Jawa artinya merencanakan, sedangkan kencono artinya emas, simbol barang mulia. Tempat ini juga menjadi tempat bersemedi para laskar Mataram untuk mendapatkan petunjuk dalam melawan penjajah.

Artikel Terkait :  Gua Greweng, Keindahan Tersembunyi di Pantai Wediombo, Yogyakarta

Biaya dan Wisata Sekitar

Untuk menikmati keindahan Goa Rancang Kencono, pengunjung hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp. 3.000. Selain itu, lokasi ini juga dekat dengan objek wisata lain, seperti Air Terjun Sri Gethuk, yang dapat dinikmati tanpa biaya tambahan dengan jarak kurang lebih 1 km.

Rute dan Akomodasi Terdekat

Akses terbaik saat ini adalah menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat, karena kondisi jalan dan terbatasnya angkutan umum. Saat ini, belum terdapat penginapan yang memadai di sekitar lokasi, namun hotel-hotel di kawasan Prawirotaman, seperti Hotel Indah Palace Yogyakarta atau Eclipse Hotel, dapat menjadi alternatif terdekat.

Goa Rancang Kencono tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memesona, tetapi juga menyimpan sejarah yang kaya. Dengan akses yang semakin memudahkan dan biaya masuk yang terjangkau, destinasi ini cocok untuk menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menjelajahi keajaiban alam Gunung Kidul. Nikmati pesona alam yang masih alami dan sejarah yang terpatri dalam setiap batu karst Goa Rancang Kencono.

Baca Juga :Paket Honeymoon Jogja Murah

Incoming search terms:

  • goa rancang kencono
  • tempat camping di jogja
  • goa rancang
  • tempat camping di yogyakarta
  • goa rancang kancono
  • Goa rancang kencana
  • goa rancang kenongo
  • goa rancang peta
  • goa rancang wonosari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *