Keindahan Khas Salak Pondoh Sleman

Salak Pondoh Sleman

Berwisata di Yogyakarta tidak lengkap tanpa menjelajahi kebun salak Pondoh di Sleman. Buah salak Pondoh, yang terkenal dengan rasa manis dan dagingnya yang renyah, dapat menjadi pengalaman istimewa di Dusun Gadung, Desa Kebun Kerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Lokasinya berjarak 25 km dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya berada 200 meter di atas permukaan laut.

Menikmati Udara Sejuk di Argowisata Salak Pondoh

Kawasan argowisata ini menawarkan lebih dari ribuan pohon salak Pondoh yang memanjakan pengunjung dengan udara sejuk pegunungan. Pandu wisata akan mengajak Anda berkeliling ke kebun salak Pondoh, memberikan wawasan tentang budidaya dan perawatan tanaman ini. Pengalaman puncak adalah saat memetik salak langsung dari pohonnya dan menikmati buah segar tersebut.

Salak Pondoh, dengan daging buah yang tidak melekat pada bijinya, menjadi favorit wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh khas Sleman dan Yogyakarta.

Baca Juga : Esokan Harapan di Pantai Kuwaru, Keindahan yang Tersembunyi

Salak Pondoh Sleman

Kebun Nusantara: Surga Tanaman Salak

Argowisata Salak Pondoh membuka pintu ke kebun Nusantara seluas 2 hektar. Di sini, Anda dapat melihat 17 jenis tanaman salak, termasuk salak Pondoh super, salak Pondoh kuning, salak Pondoh hitam, salak Condet, salak Manggala, salak Gading, salak Bali, salak Semeru, dan salak Tanonjaya. Pengunjung akan mendapatkan pengetahuan mendalam tentang budidaya salak dan juga dapat belajar tentang tanaman obat seperti jahe dan temulawak.

Biaya dan Pengalaman Berharga

Biaya untuk mengelilingi argowisata Salak Pondoh adalah Rp.2.000 per orang. Bagi yang ingin merasakan pengalaman memetik salak langsung dari pohonnya, biaya yang dikenakan adalah Rp.8.000. Seperti bakpia Pathok dan Gudeg Jogja, Salak Pondoh menjadi ikon oleh-oleh khas Jogja, terutama di daerah Sleman.

Artikel Terkait :  Loteg dan Gado-Gado Colombo, Kuliner Tradisional Lezat di Jalan Mozes Gatotkoco, Yogyakarta

Cara Menuju Argowisata Salak Pondoh

Untuk mencapai argowisata Salak Pondoh dari Yogyakarta, Anda dapat menggunakan angkutan umum hingga Tempel Sleman, kemudian melanjutkan dengan angkutan jurusan Mlati dan berjalan kaki ke lokasi. Namun, bagi kenyamanan Anda, disarankan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Penginapan dan Destinasi Terdekat

Beberapa hotel terdekat yang dapat Anda singgahi meliputi Rumah Palagan Guest House, Cakra Kusuma Hotel, dan sekitar Kaliurang. Selain itu, destinasi terdekat yang layak dikunjungi adalah Museum Gunung Merapi.

Argowisata Salak Pondoh bukan hanya tentang buah yang lezat, tetapi juga tentang pengalaman mendalam dalam keindahan dan keanekaragaman tanaman. Dengan biaya yang terjangkau, pengunjung dapat mengeksplorasi kebun Nusantara, memetik salak langsung, dan membawa pulang kenangan yang tak terlupakan dari Yogyakarta. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keunikan buah lokal Sleman ini!

Baca Juga : Paket Honeymoon Jogja 3 Hari 2 Malam Murah

Incoming search terms:

  • salak pondoh
  • buah salak
  • budidaya salak pondoh
  • salak
  • gambar salak
  • kebun salak pondoh
  • salak pondoh yogyakarta
  • perkebunan salak pondoh yogyakarta
  • gambar buah salak
  • kebun salak jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *