Goa Siluman, Menyelusuri Pesona Situs Pertapaan di Banguntapan Bantul

Goa Siluman Bantul

Goa Siluman, tersembunyi di desa Wonocator, Banguntapan, Bantul, menjadi destinasi misterius yang mengundang penasaran. Dengan letaknya yang dapat dijangkau melalui jalan menuju Blok O komplek TNI Angkatan Udara, tepatnya melewati Janti dan berbelok ke arah Berbah, situs ini menyajikan pengalaman unik di dalamnya. Berjarak sekitar 15 Km ke arah timur dari pusat kota Yogyakarta, Goa Siluman menjadi pesanggrahan bagi kalangan Keraton Yogyakarta.

Pesona Lokasi dan Sejarah Goa Siluman

Pesanggrahan ini, dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono II, memiliki luas hanya sekitar 100 x 200 m. Dinamakan Goa Siluman, namun hingga kini keberadaannya masih menyimpan misteri. Identitas orang-orang atau kerabat yang menggunakan ruang pesanggrahan ini tidak jelas dan tetap terbungkus dalam misteri. Yang dapat kita saksikan saat ini hanya petilasan yang memiliki nilai sejarah terkait Keraton Yogyakarta.

Goa Siluman Bantul

Kondisi Saat Ini dan Keindahan Alam Bawah Tanah

Namun, sayangnya, kondisi Goa Siluman saat ini kurang terawat. Banyak tembok yang mengalami kerusakan karena faktor usia dan kurangnya perawatan. Meskipun begitu, keeksotisan situs ini masih terlihat jelas di kedua sisi jalan. Terdapat terowongan bawah tanah yang menghubungkan bangunan di sisi kanan dan kiri, dengan permukaannya yang kini menjadi jalan beraspal.

Baca Juga : Esokan Harapan di Pantai Kuwaru, Keindahan yang Tersembunyi

Eksplorasi dalam Terowongan

Lorong yang memanjang ke timur dibagi menjadi beberapa ruang yang dihubungkan oleh pintu-pintu. Di ujung pintu penghubung paling timur, terlihat ornamen motif kain batik yang memikat. Pada pintu sisi utara, relief burung Beri menghiasi Goa Siluman dengan sentuhan artistik. Tempat ini, sebagai tempat pesanggrahan, dilengkapi dengan kolam dan taman yang memperindah suasana.

Artikel Terkait :  Loteg dan Gado-Gado Colombo, Kuliner Tradisional Lezat di Jalan Mozes Gatotkoco, Yogyakarta

Goa Siluman Bantul

Kecantikan Taman Bawah Tanah

Taman Goa Siluman kini ditanami berbagai tanaman hias, menciptakan pemandangan asri dan menawan. Di sisi paling timur, terdapat kolam segi empat yang masih mempertahankan keberisiannya, meskipun airnya tidak lagi begitu jernih. Sementara di sisi barat daya, terdapat kolam berbentuk lingkaran yang dihiasi patung burung Beri, dengan paruhnya berfungsi sebagai air mancur.

Keberkahan dan Ketenangan

Goa Siluman dianggap keramat, sehingga tidak sembarang orang dapat mengakses situs ini. Meskipun dahulu tempat ini sepi, kini banyak yang memanfaatkannya sebagai tempat nongkrong atau sekadar ngobrol. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil berbincang dengan orang-orang sekitar, menciptakan suasana yang hangat dan penuh keberkahan.

Goa Siluman tetap menjadi destinasi yang menarik meskipun mengalami sedikit keterlantaran. Keunikan dan keindahan alam bawah tanahnya, bersama dengan nilai sejarahnya, membuat Goa Siluman layak untuk dijelajahi. Sambil merasakan ketenangan dan keangkeran situs ini, kita dapat menyelami jejak-jejak Keraton Yogyakarta yang terkandung dalam tembok dan lorong-lorong Goa Siluman.

Baca Juga : Paket Honeymoon Jogja 3 Hari 2 Malam Murah

Incoming search terms:

  • goa siluman jogja
  • siluman
  • gua siluman
  • goa siluman yogyakarta
  • pesanggrahan goa siluman
  • goa siluman di yogyakarta
  • pertapaan di jogjakarta
  • Tempat pertapaan di jogja
  • situs goa siluman
  • goa goa di jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *