Mengungkap Keindahan Candi Sambisari, Perjalanan Menyusuri Warisan Hindu di Bawah Tanah

Candi Sambisari

Sakatourtravel.com – Candi Sambisari, yang terletak di Desa Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, adalah saksi bisu kejayaan kerajaan Hindu di tanah Jawa. Petani desa Sambisari secara tidak sengaja menemukan candi ini saat mengolah tanah pada tahun 1966. Wangsa Syailendra kemudian membangun candi ini pada abad ke-10. Selama penggalian, benda-benda sejarah berharga seperti tembikar, emas, dan prasasti emas ditemukan.

Keunikan yang Terpendam

Candi setinggi 7,5 meter ini terletak dalam tanah sekitar 6,5 meter, memberikan kesan seolah-olah muncul dari kedalaman bumi. Pintu masuk candi Sambisari terletak di sisi Barat, dan perjalanan masuk dihiasi dengan ornamen sayap dan patung-patung misterius. Candi ini unik karena tidak memiliki penyangga, sehingga ruang bawahnya berfungsi sebagai penyangga langsung, sejajar dengan permukaan tanah.

 

Mengungkap Keindahan Candi Sambisari, Perjalanan Menyusuri Warisan Hindu di Bawah Tanah

Pesona Relung Candi

Di dalam candi, Anda akan menemui relung yang menampung patung-patung Dewi Durga, Dewa Ganesha, dan patung Agastya. Dewa penjaga pintu, Mahakala dan Nadisyawara, juga ditempatkan di relung kanan dan kiri. Patung Yoni dan Lingga yang besar dapat dilihat di sebuah bilik dalam candi.

Candi Pendamping dan Tembok Pengeliling

Selain candi utama, kompleks Candi Sambisari ini juga memiliki tiga candi pendamping berukuran 5,8 meter persegi dan tinggi 5 meter. Tembok mengelilingi kompleks ini dengan ukuran 50 m x 48 m. Selesai menjelajahi candi, Anda dapat mengunjungi ruang informasi yang memamerkan foto-foto sejak penemuan candi, proses penggalian, rekonstruksi, hingga peninggalan yang kini disimpan di Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala.

Baca Juga: Gerabah Kasongan: Seni dan Budaya Kerajinan Tanah Liat di Yogyakarta

Artikel Terkait :  Jelajahi Keindahan Alam Goa Pindul, Pesona Sungai Bawah Tanah di Karangmojo

Menuju Kesana:

Untuk mencapai lokasi ini, tidak terdapat kendaraan umum langsung. Namun, Anda dapat mencapainya dengan mencapai Jl. Solo Km. 10 dan melanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau taksi. Lebih nyaman jika Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Tempat Menginap Terdekat:

Hotel terdekat dengan Candi Sambisari termasuk University Hotel Sunan Kalijaga atau Grand Quality Hotel. Dengan menyingkap keunikan dan keindahan Candi Sambisari, Anda akan memulai petualangan spiritual dan sejarah di bawah tanah Yogyakarta.

Baca Juga :  Paket Wisata Jogja 1 Hari

Incoming search terms:

  • keunikan candi prambanan
  • gambar peninggalan sejarah hindu
  • peninggalan sejarah hindu
  • candi sambisari
  • fungsi candi sambisari
  • keunikan dari candi prambanan
  • candi di jogja dan jawa tengah
  • Candi muncul
  • keanehan candi prambanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *