Eksplorasi Ke Gua Kiskendo, Keindahan dan Mitos yang Memikat

gua kiskendo

Lokasi yang Menyegarkan

Gua Kiskendo tersembunyi di Dusun Sukamaya, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, berjarak 35 km Barat Laut dari Yogyakarta. Akses jalan beraspal namun sempit, cocok hanya untuk mobil kecil. Pengunjung dengan bus besar akan berhenti di Desa Niten, dekat Kantor Kecamatan Girimulyo, perlu menempuh 8 km lagi menuju Gua Kiskendo.

Ketinggian yang Menyegarkan

Terletak pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, Gua Kiskendo menawarkan udara yang sejuk sepanjang waktu. Mitos kuat yang melingkupi gua ini membuatnya dianggap keramat oleh warga setempat.

Eksplorasi Ke Gua Kiskendo, Keindahan dan Mitos yang Memikat

Keajaiban dalam Gua

Memasuki Gua Kiskendo, pengunjung akan terpesona oleh keindahan stalaktit dan stalagmit. Menurut legenda, gua ini dulunya adalah kerajaan yang dipimpin oleh Mahesosuro dan Lembusuro, raja berkepala kerbau dan sapi.

Komplek Wisata dengan Mitos

Gua Kiskendo bukan hanya gua biasa; itu adalah komplek objek wisata dengan 15 ruangan yang penuh dengan mitos. Ada Lidah Mahesosuro, batu berbentuk lidah yang konon dipotong Subali untuk menghentikan Mahesosuro. Ada juga Pertapaan Ledek untuk kesuksesan, Pertapaan Santri Tani agar hasil tani melimpah, dan Pertapaan Subali tempat Subali bertapa sebelum melawan Mahesosuro dan Lembusuro.

Baca Juga : Taman Pintar Yogyakarta: Wisata Pendidikan Keluarga yang Menarik

Kisah yang Terukir dalam Batu

Pada relif di mulut gua, terukir kisah Gua Kiskendo yang terkait dengan Ramayana, memberikan dimensi artistik dan historis pada pengalaman wisata.

GUA KISKENDO

Tambahan Wisata di Sekitar Gua

Dekat Gua Kiskendo, terdapat Gua Sumitro dengan dua mulut gua Vertikal dan Horizontal, sungai bawah tanah, serta tanah yang luas untuk berkemah. Destinasi lain seperti Grojogan Sewu, Watu Blencong, Gunung Krengseng, Watu Gajah, dan Gunung Kelir menambah pesona perjalanan.

Artikel Terkait :  Pasar Gabusan, Memperkenalkan Keragaman Seni dan Kerajinan Bantul

Akses dan Akomodasi

Untuk mencapai Gua Kiskendo, pengguna kendaraan umum berhenti di Desa Niten, kemudian menempuh 8 km lagi. Pengguna kendaraan pribadi dapat berhenti di dekat gua, tapi perlu berhati-hati karena jalan menanjak dan sempit. Penginapan seperti Grage Yogya Hotel atau Malioboro Inn Hotel dapat diandalkan, meski belum ada hotel di sekitar kawasan gua.

Baca Juga :  Paket Wisata Jogja 1 Hari

Dengan semua keajaiban alam dan mitos yang terkandung, Gua Kiskendo menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan di bawah gemerlap Yogyakarta.

Incoming search terms:

  • gua kiskendo
  • gua kiskendo kulon progo
  • Sejarah gua kiskendo
  • legenda yogyakarta
  • misteri yogyakarta
  • gua kiskendo kendal
  • gua kiskendo yogyakarta
  • gunung kelir kulon progo
  • misteri grojogan sewu
  • desa krengseng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *