Menjelajahi Keindahan Gunung Purba Nglanggeran: Pesona Alam dan Sejarah yang Memikat

Gunung Purba Nglanggeran

Sakatourtravel.com – Gunung Purba Nglanggeran merupakan destinasi menarik yang terletak di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, hanya 25 Km dari Kota Yogyakarta. Dengan infrastruktur yang memadai, termasuk jalanan yang mulus, Gunung Nglanggeran mudah dijangkau. Pada masa lalu, gunung ini pernah aktif puluhan juta tahun yang lalu, dan kini menjadi daya tarik wisatawan dengan dua puncaknya, yakni puncak barat dan puncak timur, serta kaldera di tengahnya.

Keunikan Bentuk dan Nama Gunung

Gunung Nglanggeran menampilkan deretan batu besar dengan bentuk dan nama yang unik, seperti Gunung 5 Jari, Gunung Kelir, dan Gunung Wayang. Gunung Wayang disebut demikian karena susunan batuannya menyerupai tokoh pewayangan dan dipercayai dijaga oleh Kiai Ongko Wijoyo serta punokawan seperti Kiai Semar, Kiai Gareng, Kiai Petruk, dan Kiai Bagong.

Sementara Gunung Kelir dinamai demikian karena menyerupai kelir dan diyakini sebagai tempat tinggal Kiai Ongko Wijoyo dan punokawan. Di puncak Gunung Nglanggeran terdapat sumber air yang tidak pernah kering, dikenal sebagai sumber air Comberan. Dipercayai bahwa air dari sumber ini memiliki kemampuan membuat kulit tetap awet muda jika digunakan untuk mencuci muka.

Gunung Purba Nglanggeran

Tempat Bersejarah dan Ritual Prihatin

Selain sebagai destinasi wisata, Gunung Nglanggeran juga menyimpan sejarah. Tempat ini pernah digunakan untuk bersembunyi oleh tentara Jepang pada masa lalu. Pengunjung dapat menikmati suasana sejuk dan melakukan ritual prihatin di tempat ini.

Baca Juga : Oyo Rivertubing, Petualangan Menantang di Anakan Sungai Oya

Artikel Terkait :  Kebun Teh Kemuning, Keindahan Alam yang Membahana di Karanganyar

Pendakian Menuju Puncak Gunung Purba Nglanggeran

Pendakian ke puncak Gunung Nglanggeran yang berada pada ketinggian 700 m di atas permukaan laut relatif mudah dan memakan waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam. Sudut kemiringan mencapai sekitar 60 derajat di pos pendakian pertama, tetapi pemandangan luar biasa sudah bisa dinikmati dari sini.

Aktivitas Wisata dan Fasilitas

Gunung Nglanggeran juga cocok untuk kegiatan berkemah, dengan kapasitas hingga 10 tenda kecil berisi 4-5 orang. Selain itu, tempat ini ideal untuk kegiatan jelajah wisata, trekking, dan panjat tebing. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan indah dari puncak Gunung Purba Nglanggeran. Pada pertengahan tahun ini, rencananya ekowisata gunung Nglanggeran akan dilengkapi dengan taman Bunga Matahari yang menampilkan 23 jenis bunga matahari dari Surabaya di pintu masuk Gunung Api Purba.

Program Live dan Pengalaman Desa

Pihak pengelola menawarkan Program Live, yang mengundang pengunjung untuk tinggal sementara di desa ini. Fasilitas Hotspot area telah dibangun untuk kenyamanan pengunjung yang ingin menginap lebih lama. Program wisata ini memberikan kesempatan untuk lebih mengenal dan merasakan kehidupan masyarakat pedesaan.

Dengan keindahan alamnya, keunikan sejarah, dan beragam kegiatan wisata yang ditawarkan, Gunung Purba Nglanggeran menjadi destinasi yang memikat para pengunjung. Jelajahi keajaiban alam dan nikmati pengalaman tak terlupakan di kaki gunung yang penuh cerita ini.

Baca Juga : Paket Wisata Jogja 3 Hari

Incoming search terms:

  • panjat tebing
  • Tiket masuk gunung nglanggeran
  • bentuk lahan pegunungan purba nglanggeran
  • punokawan
  • panjat gunung
  • tiket nglanggeran
  • PUNCAK PESONA Patuk Yogyakarta
  • panjat tebing nglanggeran
  • harga tiket gunung api purba nglanggeran
  • biaya wisata nglanggeran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *