Rute Perjalanan Ke Goa Pindul

Goa Pindul adalah destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan. Popularitasnya membuat tak sedikit orang yang penasaran dengan salah satu kekayaan alam yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karang Mojo, Kabupaten Gunung Kidul itu. Masalahnya, banyak wisatawan yang tidak familiar dengan rute menuju Goa Pindul dari kota Yogyakarta.

Mencapai lokasi Goa Pindul paling nyaman adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor. Jika alternatif ini yang dipilih maka rute yang bisa Anda lalui adalah dengan menuju Jalan Wonosari. Ruas jalan ini jika dari Yogyakarta searah rute menuju Kids Fun dan bukit bintang. Ikuti jalan besar tersebut hingga Anda akan melewati Hutan Tleseh yang rimbun di sisi kanan kiri jalan. Setelah melewati kawasan hutan kita akan melewati pertigaan Gading. Pilihlan jalan yang lurus menuju Kota Wonosari dengan jarak tempuh sekitar 3 jam.

Gua Pindul

Sebelum memasuki Kota Wonosari , kita akan melewati tugu batas kota yang berupa gerbang dengan tulisan ‘Selamat Datang’. Sekitar 700 meter setelah titik itu Anda akan melihat Bunderan Siyono. Di lokasi inilah kita dapat memanfaatkan jasa ojek yang akan mengantar kita ke Goa Pindul dengan ongkos yang murah dan tak jarang gratis.

Namun jika Anda tetap ingin menuju lokasi wisata ini sendiri maka arahkan kemudi ke kiri. Ikuti jalanan beraspal yang lebar itu hingga menemui pertigaan. Berbeloklah ke kanan hingga lampu merah. Dari lampu merah ini lurus saja sampai perempatan.

Jalur yang harus Anda tempuh masih lurus hingga akhirnya menjumpai pertigaan gerbang desa Bejiharjo lalu belok kiri. Sampai di sini sudah banyak penunjuk jalan yang akan mengantarkan Anda ke Goa Pindul. Jika Anda menggunakan GPS, koordinat Goa Pindul adalah -7.928505,110.647902.

Rute lain yang bisa dipilih adalah dengan menyusuri riang road Wonosari. Setelah sekitar 1 km Anda akan menemukan perempatan PKU/ Dishub. Arahkan kemudi Anda lurus melewati perempatan ini hingga sekitar 1 km melewati perempatan Budegan (ada traffic light). Rute yang harus Anda lalui adalah dengan lurus saja hingga perempatan Grogol. Beloklah ke kiri dan susurilah jalan pedesaan hingga akhirnya sampai ke Goa Pindul.

Gua Pindul

Untuk mencapai lokasi ini Anda akan membutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 jam.

TARIF PARKIR DI GOA PINDUL

Ada dua tempat parkir di WiraWisata Goa Pindul. Tempat parkir motor dan mobil pribadi (city car) / Elf berada di dekat sekretariat WiraWisata. Sedangkan kantong parkir yang lebih luas (bisa untuk 30 bus) terletak di jalan masuk sekitar 200 meter dari sekretariat. Namun, tenang saja bagi rombongan dengan bus WiraWisata melayani jasa antar jemput gratis.

  • Tarif parkir
    Motor = Rp 2.000
    Mobil = Rp 5.000
    Mini/Micro Bus/ Elf/HiAce = Rp 10.000
    Bus besar/medium = Rp 20.000

JAM BUKA DAN HARGA TIKET MASUK GOA PINDUL

  • Setiap hari: pk 07.00-19.00
  • Retribusi: Rp 10.000/orang
  • Tiket masuk Goa Pindul:
    Rp 40.000 (dewasa)
    Rp 20.000 (1-5 tahun)
  • Melayani pembayaran tunai, non tunai dengan mesin EDC BCA, dan transfer
  • Tersedia harga diskon khusus untuk tamu rombongan dan pelajar

Harga sudah termasuk:

  • Minuman selamat datang
  • Pemandu wisata
  • Baju pelampung (life jacket) ada 3 ukuran; kecil, sedang, besar
  • Ban (tubing)
  • Sepatu karet
  • Transportasi penjemputan dari Bendungan Banyumoto (pintu keluar Goa Pindul)

Oya, jangan lupa untuk membawa celana pendek atau kaos ganti karena selama di Goa Pindul Anda akan basah terkena air yang memenuhi dasar goa. Kamera dan handphone sebaiknya dimasukkan kedalam tas anti air atau plastik agar tidak rusak.

Selain Goa Pindul, kawasan ini masih memiliki destinasi wisata lain yang layak untuk dikunjungi yakni Kali Oya dan Goa Si Oyot.

Penginapan di Yogyakarta yang bisa Anda singgahi adalah Raffles Holiday Jogja Hotel, Merapi Hotel dan Grage Yogya Hotel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *