Pantai Sundak, Keindahan Alam dan Sejarah yang Membekas

Pantai Sundak

Pantai Sundak, terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, merupakan destinasi eksotis di pesisiran pantai selatan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keindahan alamnya yang memukau dipadukan dengan sejarah yang unik membuat Pantai Sundak menjadi tujuan wisata yang menarik. Mari kita telusuri lebih dalam pesona pantai ini.

Sejarah Tersembunyi di Balik Nama

Pantai Sundak memiliki cerita menarik yang melibatkan seorang pemburu bernama Arjasangku pada tahun 1976. Saat berburu di pantai dengan anjing setianya, Asu, Arjasangku menyaksikan pertarungan antara Asu dan seekor landak di dalam celah batu karang. Landak itu, meski kalah, meninggalkan separuh tubuhnya yang tidak dimakan oleh Asu di dalam goa. Kejadian ini membuat Arjasangku dan warga sekitar penasaran.

Dengan bantuan warga, celah batu diperlebar, dan ternyata, itu adalah gua yang menyimpan kejutan. Gua ini menjadi sumber air tawar pada malam harinya, memenuhi kebutuhan air di daerah sulit air tersebut. Sejak saat itu, pantai ini dinamakan Sundak, berasal dari singkatan Asu dan Landak. Sebelumnya, pantai ini juga dikenal sebagai Pantai Wedibelah, mengacu pada aliran sungai yang tampak membelah pasir selama musim hujan.

Baca Juga : Shopping Center, Surga bagi Pecinta Buku di Yogyakarta

Pantai Sundak, Keindahan Alam dan Sejarah yang Membekas

Keindahan Alam dan Fasilitas Modern

Pantai Sundak tidak hanya menawarkan keindahan alam dengan perbukitan karang dan goa yang memukau, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern. Ada sirkuit mini offroad, tempat parkir luas, gardu pandang, warung makan, panggung hiburan, dan masjid. Bagi yang ingin menghabiskan malam di pantai ini, mendirikan tenda sambil menikmati ikan bakar adalah pilihan yang menyenangkan.

Artikel Terkait :  Gerabah Kasongan: Seni dan Budaya Kerajinan Tanah Liat di Yogyakarta

Harga Terjangkau untuk Pengalaman Tak Terlupakan

Harga tiket masuk yang terjangkau, hanya Rp. 2.500, membuat Pantai Sundak menjadi destinasi yang ramah di kantong. Untuk bermalam di tepi pantai dengan api unggun, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp. 7.000 untuk seikat kayu dan Rp. 5.000 untuk tikar. Nikmati keindahan alam dan suasana malam yang tenang dengan biaya yang terjangkau.

Bagaimana Menuju Pantai Sundak

Perjalanan menuju Pantai Sundak hampir sama dengan menuju Pantai Baron dan sekitarnya. Dengan angkutan umum jurusan Yogya Wonosari, dilanjutkan dengan angkutan umum jurusan Baron, Anda akan sampai di Pantai Sundak. Alternatifnya, menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat dengan mengikuti rute pada peta lokasi.

Penginapan Terdekat dan Destinasi Sekaligus

Meskipun penginapan terdekat di kawasan ini belum tersedia, Anda dapat mencari akomodasi di kota Yogyakarta, seperti Hotel Ibis Malioboro atau Inna Garuda Hotel. Selain itu, beberapa destinasi terdekat yang searah dengan Pantai Sundak, seperti Pantai Drini, Pantai Krakal, dan Pantai Siung, dapat dikunjungi dalam satu perjalanan.

Baca JugaPaket Wisata Jogja 2 Hari 1 Malam

Pantai Sundak bukan hanya destinasi wisata alam yang memesona tetapi juga menyimpan kisah menarik dalam sejarahnya. Dengan harga terjangkau dan fasilitas modern yang tersedia, pantai ini cocok menjadi pilihan bagi mereka yang mencari pengalaman tak terlupakan di pesisir selatan Gunung Kidul. Jelajahi keindahan alam dan nikmati suasana malam yang tenang di Pantai Sundak.

Incoming search terms:

  • wisata gunukaygg
  • pantai drini sewa tenda
  • pantai malam hari
  • pantai sundak jogja
  • tenda pantai sundak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *