MPI Yogyakarta, Memperkenalkan Jejak Pendidikan Indonesia

MPI Yogyakarta: Memperkenalkan Jejak Pendidikan Indonesia

Sakatourtravel.com – MPI Yogyakarta (Museum Pendidikan Indonesia) menemukan tempatnya yang megah di kompleks Universitas Negeri Yogyakarta, berlokasi di Jalan Colombo no. 1, Karangmalang, Depok, Sleman Yogyakarta. Didirikan dengan tujuan menjadi sumber pendidikan dan destinasi wisata edukatif, museum ini menggabungkan pengalaman wisata dengan pembelajaran.

Jejak Sejarah: Resmi Diresmikan oleh Sultan Hamengku Buwono X pada 2008

Gubernur Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono X, secara resmi meresmikan Museum Pendidikan Indonesia pada tahun 2008. Pengunjung diajak untuk menjelajahi berbagai koleksi yang menggambarkan perkembangan pendidikan di Indonesia, termasuk alat-alat dan bahan pendidikan dari masa ke masa. Terbagi menjadi 4 ruang utama, setiap ruangnya menceritakan cerita unik.

MPI Yogyakarta: Memperkenalkan Jejak Pendidikan Indonesia

Galeri I: Menyambut Anda dengan Keajaiban Pendidikan

Langkah pertama Anda, menuju Galeri I, akan memperkenalkan Anda pada berbagai artefak pendidikan. Melihat Globe kayu, miniatur rumah tradisional, daun lontar sebagai media tulis kuno, meja belajar, dan di sisi Timur, Anda akan menemukan Sabak, alat tulis kuno yang menarik. Galeri ini juga menyajikan koleksi foto Menteri Pendidikan Indonesia pertama, Ki Hajar Dewantara, serta numismatik sebagai sumber kajian sejarah perekonomian.

Galeri II: Menguak Jejak Pemimpin Pendidikan Indonesia

Berlanjut ke Galeri II, pengunjung akan dihadapkan pada sejarah pendidikan Ki Hajar Dewantara, R.A Kartini, dan Dewi Sartika. Ketiganya adalah pahlawan pendidikan Indonesia yang memperjuangkan hak pendidikan pada zamannya. Di Ruang Galeri III, fokus diberikan pada media pembelajaran seperti mesin ketik sejak tahun 1967, episcope, dan mesin shet.

Baca Juga : Museum Gunung Merapi, Memahami Keajaiban Alam Indonesia

Artikel Terkait :  Kebun Binatang Gembira Loka, Destinasi Rekreasi Menakjubkan di Yogyakarta

Galeri III: Pendidikan dalam Berbagai Dimensi

Lantai IV menjadi ruang galeri terakhir yang difungsikan sebagai bioskop, ruang seminar, dan seni. Dengan kapasitas 116 kursi, ruang ini menghadirkan pengalaman menonton film bernilai pendidikan.

Informasi Praktis

Museum Pendidikan Indonesia buka Senin – Kamis dari pukul 07.30 hingga 15.00, sementara pada hari Jumat, buka mulai pukul 07.30-13.30. Dengan biaya masuk yang terjangkau sebesar Rp. 2.500 per orang, Anda dapat menikmati pembelajaran yang luar biasa.

Bagaimana Menuju Kesana

Untuk mencapai MPI Yogyakarta, Anda dapat menggunakan bus umum dari Terminal Giwangan dengan bus jalur 7. Jika menggunakan Transjogja, pilih jalur 1B. Dari Terminal Jombor, jalur 2A dan 2B Transjogja, serta angkutan umum yang melewati Jalan Gejayan dan Jalan Colombo.

Terdekat dengan Kenyamanan: Pilihan Hotel

Beberapa hotel terdekat termasuk UNY Hotel dan Jogjakarta Plaza Hotel, menawarkan kenyamanan setelah mengunjungi MPI Yogyakarta.

Jelajahi Lebih Banyak

Selain MPI Yogyakarta, Yogyakarta menawarkan pengalaman museum lain seperti Museum Biologi UGM dan Museum Affandi. Berkeliling dan nikmati koleksinya untuk pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Baca Juga : Paket Wisata Jogja 3 Hari 2 Malam

Incoming search terms:

  • museum pendidikan indonesia
  • pendidikan pertama di indonesia
  • museum pendidikan yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *