Candi Prambanan: Keajaiban Budaya di Sleman, Yogyakarta

Candi Prambanan

Sakatourtravel.com – Candi Prambanan, Keajaiban Hindu Jawa yang terletak di pinggir Jl. Raya Yogya Solo, sekitar 17 km dari pusat kota Yogyakarta, adalah salah satu keajaiban budaya yang harus Anda kunjungi di Indonesia. Candi ini adalah situs cagar budaya dunia yang diakui oleh UNESCO sejak tahun 1991. Candi Prambanan adalah cagar budaya Hindu yang dibangun pada abad ke-10 oleh dua raja, yaitu Raja Rakai Pikatan dan Raja Rakai Belitung dari Wangsa Sanjaya. Candi ini juga sering disebut Candi Roro Jonggrang dan terkait dengan legenda menarik.

Legenda Roro Jonggrang

Menurut legenda yang diceritakan, ada seorang pemuda bernama Bandung Bondowoso yang jatuh cinta pada Putri Roro Jonggrang. Namun, cinta pemuda itu bertepuk sebelah tangan. Putri Roro Jonggrang menetapkan syarat yang hampir mustahil dipenuhi, yaitu pemuda harus membuat 1000 arca dalam semalam. Meskipun pemuda ini berhasil membuat 999 arca, Putri Roro Jonggrang memerintahkan warga untuk menumbuk padi dan membuat api besar untuk menciptakan suasana seperti pagi hari. Pemuda ini merasa diperdaya dan mengutuk Putri Roro Jonggrang menjadi arca ke-1000.

Prambanan

Struktur Candi

Struktur Candi Prambanan mencerminkan keyakinan dalam agama Hindu, terutama konsep Trimurti. Candi ini memiliki tiga candi utama yang mewakili tiga dewa utama dalam agama Hindu, yaitu Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Siwa, semuanya menghadap ke Timur. Setiap candi utama juga memiliki candi pendamping, seperti Garuda untuk Candi Wisnu, Angsa untuk Candi Brahma, dan Nandini untuk Candi Siwa. Di sekitar candi utama, Anda akan menemukan banyak candi apit, candi kelir, dan candi sudut. Selain itu, halaman candi ini dihiasi dengan 224 candi.

Artikel Terkait :  Masjid Jami' An-Nur Mlangi, Keindahan Spiritual di Tepi Yogyakarta

Candi Siwa adalah candi tertinggi dengan empat ruangan utama. Ruangan utama berisi Arca Siwa, Arca Durga (yang juga disebut Putri Roro Jonggrang), Arca Agastya (guru Siwa), dan Arca Ganesha (putra Siwa). Di sebelah selatan Candi Siwa terdapat Candi Brahma dengan satu ruangan berisi Arca Brahma, dan di sebelah utara terdapat Candi Wisnu dengan satu ruangan berisi Arca Wisnu.

Relief dan Sendratari Ramayana

Dinding candi ini dihiasi dengan banyak relief, termasuk Relief Pohon Kalpataru, yang dalam agama Hindu melambangkan kehidupan, kelestarian, dan keserasian lingkungan. Relief ini juga menjadi simbol Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) di Indonesia. Relief utama di dinding candi menggambarkan kisah Ramayana. Setiap bulan, di halaman candi, pertunjukan Sendratari Ramayana digelar, memainkan kisah-kisah terkenal dari Ramayana, seperti penculikan Shinta oleh Rahwana, misi Anoman ke Alengka, kematian Kumbakarna, dan pertemuan Rama dan Shinta.

Kunjungi Candi Prambanan

Candi Prambanan terbuka untuk pengunjung setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00. Tiket masuk dibedakan antara wisatawan mancanegara dan domestik, dengan harga sekitar US$ 20 untuk wisatawan mancanegara dan Rp. 8.000 untuk wisatawan domestik.

Cara Menuju Candi Prambanan

Lokasi Candi Prambanan mudah diakses karena berada di jalan protokol Yogya-Solo. Anda dapat menggunakan transportasi umum seperti Transjogja Jalur 1A dan turun di halte Prambanan. Anda juga dapat menggunakan bus jurusan Jogja-Solo dan turun dekat pintu masuk candi. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil, akses ke candi juga mudah.

Hotel Terdekat

Ada beberapa hotel dan penginapan terdekat, seperti LPP Garden Hotel dan Grand Quality Hotel. Anda dapat memilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Artikel Terkait :  Mengungkap Keindahan Candi Sambisari, Perjalanan Menyusuri Warisan Hindu di Bawah Tanah

Tempat Terdekat

Selain mengunjungi Candi Prambanan, Anda juga dapat menjelajahi tempat-tempat wisata lain di sekitar candi dengan Paket Wisata Jogja 1 Hari Murah dari Sakatourtravel, seperti Candi Ratu Boko dan Candi Kalasan. Ini akan membuat kunjungan Anda ke Candi Prambanan menjadi pengalaman yang lebih kaya dan memuaskan.

Candi Prambanan adalah salah satu peninggalan bersejarah yang mengagumkan di Indonesia dan tempat yang wajib dikunjungi bagi siapa pun yang tertarik dengan sejarah, budaya, dan keindahan arsitektur Hindu. Jelajahi keajaiban ini dan nikmati pengalaman budaya yang mendalam di Yogyakarta.

Incoming search terms:

  • mengapa candi prambanan disebut candi hindu
  • rakai pikatan membangun candi prambanan yang reliefnya menggambarkan cerita
  • Bentuk kesenian yang sering dipentaskan di halaman candi prambanan adalah
  • bentuk kesenian yang dipentaskan di candi prambanan adalah
  • kesenian yg dipentaskan di candi prambanan
  • kesenian yang sering dipentaskan di candi prambanan
  • contoh gambar potensi pariwisata candi prambanan
  • bentuk kesenian yang seringdipentaskan di halaman candi prambanan
  • bentuk kesenian yang dipentaskan di halaman candi prambanan
  • rama shinta resto prambanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *